Home » Jokowi Di San Francisco: Asean Kawasan Strategis Untuk Pusat Pertumbuhan Ekonomi
ASEAN Berita Ekonomi

Jokowi Di San Francisco: Asean Kawasan Strategis Untuk Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik terbentuknya ASEAN Caucus untuk memperkuat sentralitas ASEAN dalam APEC Business Advisory Council. Hal itu disampaikan Jokowi saat menghadiri ABAC ASEAN di San Francisco, Amerika Serikat pada Rabu, 15 November 2023.

“Saya harap melalui forum ini kemitraan pemerintah dan bisnis dapat menjadi semakin sinergi,” kata Jokowi dikutip pada Kamis, 16 November 2023. Menurut dia, ASEAN merupakan salah satu kawasan strategis yang memiliki modal kuat untuk menjadi pusat dari pertumbuhan dunia, menjadi aset penting seperti pertumbuhan ekonomi di atas rata-rata dunia dan demografi usia muda yang besar serta kekuatan stabilitas kawasan yang selalu terjaga.

Kunjungan Presiden Jokowi di AS. Photo : Biro pers Istana. “Inilah aset penting yang memungkinkan suara ASEAN dapat didengar lebih keras di berbagai forum termasuk di APEC,” ujarnya.

Maka dari itu, Jokowi menyampaikan sejumlah bidang yang dapat menjadi fokus ASEAN Caucus, diantaranya percepatan transisi energi bahwa ASEAN telah menyepakati untuk menjadi global hub industri kendaraan listrik. “Caucus ASEAN dapat menjadi bagian penting untuk memperkuat inisiatif ini.

Di sisi lain, transisi energi membutuhkan dukungan investasi, dukungan teknologi dimana prakarsa Indo-pacific Impact Fund itu dapat memiliki peran yang signifikan,” jelas dia.

Kemudian, Jokowi mendorong peran aktif ASEAN Caucus untuk mendukung komitmen ASEAN dalam mempercepat implementasi pembayaran digital batas melalui kerja sama lembaga keuangan. “Saya yakin caucus ASEAN dapat berperan dalam inisiatif ini,” ucapnya.

Selain itu, Jokowi mengatakan fokus yang penting juga mengenai pencapaian netralitas karbon. Menurutnya, perekonomian harus tetap berkembang seiring dengan komitmen ASEAN untuk turut menjaga lingkungan. “ASEAN telah menyepakati strategy for carbon netrality. Indonesia juga menargetkan net zero pada 2060 dimana pencapaian target tersebut butuh kerja sama konkret khususnya di sektor pemerintah, dan bisnis yang dapat dijembatani oleh ASEAN Caucus,” pungkasnya.

Sumber: VIVA

Translate