Home » Beli reksa dana saham syariah dengan return 97%
Asia Berita Indonesia

Beli reksa dana saham syariah dengan return 97%


Jakarta, CNBC Indonesia – Reksa dana saham tentu menjadi salah satu solusi bagi mereka yang ingin berinvestasi saham, namun tidak memiliki waktu atau keahlian mendalam untuk menganalisis saham-saham di yang ada di bursa. Kabar baiknya, ternyata beberapa reksa dana saham syariah mencatatkan returns yang fantastis yaitu 97% dalam tiga tahun.

Seperti diketahui, reksa dana saham syariah sejatinya memiliki kesamaan dengan reksa dana saham pada umumnya. Hanya saja, saham-saham yang ada di portofolio reksa dana tersebut adalah saham-saham yang masuk dalam Indeks Saham Syariah Indonesia.

Berikut adalah merangkum daftar reksa dana saham syariah dengan returns tertinggi selama tiga tahun ke belakang dari CNBC Indonesia Research.

Alasan pilih reksa dana saham syariah

Bicara soal reksa dana saham, reksa dana yang satu ini didesain sedemikian rupa agar kinerjanya bisa mengalahkan indeks saham acuan. Namun seperti yang dijelaskan di atas, ada pembeda khusus antara reksa dana saham biasa dengan yang syariah.

Selain komposisi saham di portofolio, reksa dana syariah memilik fitur cleansing atau proses pembersihan keuntungan dari pendapatan yang gak sesuai dengan prinsip syariah.

Adapun hal yang mendasari adanya cleansing adalah belum ada bank kustodian reksadana yang berasal dari bank syariah. Dana yang mengendap tentunya bakal mendapat bunga dari bank yang tentunya mengandung unsur riba.

Pendapatan bunga itu pun harus dibersihkan atau diamalkan, itulah sebabnya mengapa mekanisme ini disebut dengan istilah cleansing.

Sumber: cnbcindonesia

Translate