Home » Presiden Jokowi Akan Hadiri KTT ASEAN-Jepang
ASEAN Berita Indonesia

Presiden Jokowi Akan Hadiri KTT ASEAN-Jepang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan menghadiri pertemuan puncak Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN)-Jepang dan peringatan 50 tahun persahabatan dan kerja sama ASEAN-Jepang di Jepang pada 16-18 Desember 2023 mendatang.

Hal itu diungkapkan oleh Juru bicara Kementerian Luar Negeri Lalu Muhammad Iqbal di Kantor Kementerian Luar Negeri Indonesia, Jakarta, Selasa, 12 Desember 2023.

“Kunjungan Presiden (Jokowi) ke Jepang akan dilaksanakan pada 16-18 Desember 2023,” kata Iqbal, Selasa, 12 Desember 2023.

Iqbal menyebut Jokowi akan menjadi co-chair atau tuan rumah bersama dengan Perdana Menteri Jepang pada pertemuan yang dilaksanakan pada 17 Desember 2023.

Selain menghadiri KTT ASEAN-Jepang, kata Iabal, Jokowi juga akan menghadiri pertemuan para pemimpin Asia Zero Economy Community (AZEC).

AZEC adalah wadah bagi negara-negara Asia untuk bekerja sama mencapai netralitas karbon dan transisi energi untuk mencapai nol emisi.

Di bawah kerangka AZEC, Jepang berkomitmen untuk memberikan dukungan keuangan hingga 8 miliar dolar AS hingga tahun 2030 untuk berbagai proyek, seperti energi terbarukan dan inisiatif-inisiatif penghematan energi.

Negara-negara AZEC terdiri atas Australia, Brunei, Kamboja, Indonesia, Jepang, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Sumber: TVRI News

Translate