Home » Lampung Jadi Sentra Benih Padi Unggulan Nomor 1 Di Sumatera
Berita Indonesia Sumatera

Lampung Jadi Sentra Benih Padi Unggulan Nomor 1 Di Sumatera

Metro (Lampost.co) — UPTD Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB) Provinsi Lampung mengklaim, Lampung telah menjadi sentra benih padi unggulan nomor satu di Sumatera. Kepala BPSB Provinsi Lampung, Bambang Sugiarto, mengatakan dengan dibudidayakannya ratusan varietas padi unggulan menjadikan Lampung sebagai penyedia benih terbaik di pulau Sumatera. 

“Bahkan, untuk tingkat nasionalnya, Lampung ada di posisi nomor 4 di bawah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Dengan melakukan riset komponen teknologi pertanian, benih, teknik budidaya, pemupukan, pengendalian organisme pengganggu tanaman, serta teknologi panen dan pasca panen. Sehingga, bisa menciptakan benih unggul dan berkualitas dapat meningkatkan produktivitas sebesar 60-65 persen,” kata dia, Kamis, 14 September 2023.

Dia menambahkan, hampir seluruh varietas padi unggulan telah diciptakan di Lampung. Terlebih, untuk benih yang usia tanam yang singkat.  “Seperti halnya saat ini, kita perlu mengantisipasi terjadinya kekeringan panjang. Jadi, perlu adanya inovasi dan melakukan penanaman jenis padi genjah yang usianya singkat,” tambahnya.

“Produksinya dari mulai M-70, Pak Tiwi, Mapan Hibrida, Cakra buana segala macam. Untuk yang terprioritas nya kita mengembangkan yang umur pendek dan mengantisipasi kekeringan air,” lanjutnya. Dia menjelaskan, ratusan varietas padi unggulan tersebut sebelumnya telah mengikuti arahan dari pusat. Bahkan, di setiap varietas yang telah di luncurkan masing-masing memiliki keunggulan yang berbeda. 

Jadi,kata dia, hasil silangan dari beberapa varietas yang terus dikembangkan. Itu untuk menunjang dan meningkatkan produksi padi di Lampung. “Ya jelas, kalo namanya varietas baru jelas lebih unggul dari varietas yang lama, ketahanan terhadap penyakit juga dia lebih tahan dari yang lama, karena varietas baru kan hasil silangan dari varietas lama dengan itu hasilnya lebih bagus,” pungkasnya.

Sumber: LAMPOST

Translate