Home ยป Internasional Coffee Day Sumatera Utara 2023 Diundur, Berikut Lokasi Dan Tanggalnya
Berita Food & Drinks Sumatera

Internasional Coffee Day Sumatera Utara 2023 Diundur, Berikut Lokasi Dan Tanggalnya

International Coffee Day Sumatera Utara 2023 yang sedianya digelar di Gelanggang Mahasiswa Universitas Sumatera Utara, Medan, pada 13-15 Oktober diundurkan menjadi tanggal 3-5 November di Pekan Raya Sumatera Utara.

“Kami mohon maaf dengan ketidaknyamanan ini, terutama untuk pihak sponsorship, tenant, dan seluruh peserta lomba yang sudah mendaftar,” kata Ketua Dewan Kopi (Dekopi) Sumatera Utara, Ujiana Sianturi.

Dijelaskan Ujiana, pengunduran acara terpaksa dilakukan karena masalah berbenturan perizinan di Tempat yang sama

Materi acara tidak ada perubahan, tetap akan digelar bazaar, eksebisi, seminar, kompetisi seduh kopi, sharing session dan kegiatan hiburan lainnya.

Dekopi Sumut sebagai pelaksana acara ini berharap pemerintah dan unsur swasta terkait bisa berkolaborasi mendukung terlaksananya acara yang merupakan bagian dari acara nasional ini.

Dekopi Pusat menunjuk Dekopi Sumut menggelar acara ini sebagai rangkaian peringatan Hari Kopi Sedunia.

Direncanakan, sejumlah pengurus pusat dan pengurus daerah akan hadir karena juga akan dilakukan rapat program kerja nasional.

Dijelaskan Ujiana sejumlah tantangan berat kini sedang dihadapi petani di daerah Sumatera Utara, di antaranya ancaman fenomena La Nina (kekeringan), serangan hama penyakit tanaman, dan juga usia tanam semakin tua yang cenderung semakin kurang produktif. Isu itu nanti akan dibahas dalam sharing session dan dicarikan solusinya.

Satu dari tiga topik utama yang akan menjadi pembahasan adalah gerakan fair trade (perdagangan berkeadilan).

Petani kopi umumnya tak memiliki kekuatan untuk mengondisikan harga kopi, dengan fair trade, diharapkan harga kopi akan terjaga di atas biaya produksi bahkan saat harga pasar dunia sedang turun.

“Maksudnya agar petani memiliki kehidupan yang layak bersama keluarga mereka,” katanya.

Lewat event ini juga diberi kesempatan bagi petani, eksportir, atau pun pelaku bisnis kopi dan produk pangan lainnya untuk mendapatkan peluang ekspor ke pasar Amerika Serikat.

“Akan hadir perwakilan dari Food And Drug Administration (FDA) untuk menjelaskan segala hal terkait pembuatan atau perpanjangan administrasi FDA,” ungkap Ujiana.

Ditambahkan Ujiana, bagi kalangan UMKM, terutama di industri kopi sudah disiapkan sejumlah tenda untuk budget UMKM supaya ikut memamerkan produk andalannya di acara yang digelar bekerja sama dengan Dinas Perkebunan dan Peternakan Sumatera Utara tersebut.

Sumber: Tribun Medan

Translate