Home » 5 Provinsi Penghasil Gas Alam Terbesar Di Indonesia, Sumatera Selatan Termasuk?
Berita Indonesia Sumatera

5 Provinsi Penghasil Gas Alam Terbesar Di Indonesia, Sumatera Selatan Termasuk?

PALEMBANG,PALPRES.COM – Sejumlah provinsi di Indonesia sebagai daerah penghasil bumi seperti gas alam. Ada beberapa provinsi dengan penghasilan terbesar di Indonesia, Sumatera Selatan. Sumatera Selatan tepatnya di Banyuasin masuk dalam deretan penghasil gas alam terbesar yang kedua di Indonesia. Sedangkan penghasil gas bumi terbesar di Indonesia ada di Kalimantan Timur. Oleh karena itu Indonesia menjadi salah satu negara yang berpengaruh penghasil gas alam di dunia.

Selain Indonesia penghasil gas alam terbesar ternyata sebagai negara nomor satu penghasil gas alam terbesar ditepati oleh Rusia. Sebagai salah satu penghasil gas alam di kawasan Asia Pasifik. Berikut ini adalah beberapa wilayah Indonesia dengan penghasilan gas alam terbesar di Indonesia yang menopang kehidupan seluruh manusia:

1. Kalimantan Timur

Provinsi penghasil gas alam terbesar di Indonesia adalah Kalimantan Timur, tepatnya di Bontang merupakan daerah penghasil gas alam terbesar di Indonesia. Bahkan di Kalimantan Timur terdapat kilang LNG terbesar di dunia. LNG adalah jenis gas alam yang akan cair ketika didinginkan pada suhu tertentu. Sehingga pengedarannya lebih mudah untuk sampai ke berbagai wilayah. Secara langsung pengelolaan LNG berada di bawah Pertamina Blok Mahakam. Selain Bontang masih ada daerah lainnya yang menghasilkan gas alam di Kalimantan Timur seperti Tarakan, Balikpapan dan Blok Sanga-Sanga.

2. Sumatera Selatan

Sumatera Selatan masuk dalam deretan daerah penghasil gas alam terbesar di Indonesia. Ada beberapa daerah di Sumatera Selatan penghasil gas alam terbesar seperti Musi Banyuasin, Muara Enim, Palembang dan Sungai Gerong. Suplai gas alam yang ada di Sumatera Selatan didistribusikan untuk kepentingan berbagai perusahaan serta kebutuhan rumah tangga.

3. Papua Barat

Di urutan ketiga sebagai penghasil gas alam terbesar di Indonesia ada di Provinsi Papua Barat tepatnya di Teluk Bintuni. Teluk Bintuni menjadi wilayah penghasil gas alam terbesar ketiga di Indonesia yang diperkirakan memiliki cadangan sebanyak 500 miliar kubik. Selain Teluk Bintuni masih ada beberapa daerah di Papua Barat yang turut menghasilkan gas alam seperti Babo, Sorong, Klamono dan Kapulanda.

4. Kepulauan Riau

Urutan keempat ada Kepulauan Riau yang juga masih berada di Pulau Sumatera tepatnya ada di Kepulauan Natuna. Selain itu ada juga Kepulauan Anambas yang menjadi wilayah lainnya dari Kepulauan Riau yang menyediakan gas alam untuk kebutuhan rakyat Indonesia. Fakta menarik ya tentang sumber daya alam tidak terbarukan di Kepulauan Natuna ini yang pernah menjadi rebutan antara Negara Indonesia dengan Tiongkok.

5. Jawa Barat

Yang terakhir sebagai penghasil alam terbesar di Indonesia ada di Jawa Barat tepatnya di Jatibarang, Majalengka. Pengelolaan sumber daya alam ini ada di bawah PT Nusantara Regas serta merupakan kerjasama antara Pertamina dengan PGN. Dan hasil gas alamnya digunakan sebagai kebutuhan energi skala dalam negeri.

Sumber: PALPRES

Translate