Home » Jokowi: Selamat Ulang Tahun ASEAN, Mari Bekerja Sama Buat ASEAN Jadi Episentrum Pertumbuhan
ASEAN Indonesia News

Jokowi: Selamat Ulang Tahun ASEAN, Mari Bekerja Sama Buat ASEAN Jadi Episentrum Pertumbuhan

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan selamat ulang tahun ke-56 untuk perhimpunan bangsa-bangsa Asia Tenggara atau Association of South East Asian Nation (ASEAN) pada Selasa (8/8/2023). Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengajak ASEAN untuk terus bergerak maju dalam menghadapi situasi geopolitik dunia yang semakin penuh tantangan. “Let us work together, to make ASEAN matters. Epicentrum of growth. Selamat ulang tahun ASEAN,” ujar Jokowi dalam sambutannya di acara ASEAN Day sebagai peringatan ulang tahun ke-56 ASEAN yang digelar di Sekretariat ASEAN, Selasa (8/8/2023). “Hari ini, 56 tahun yang lalu ASEAN dibentuk dengan tekad menjadikan Asia Tenggara kawasan damai, stabil dan sejahtera,” katanya melanjutkan.

Jokowi kemudian mengajak para negara anggota ASEAN untuk meneguhkan kembali semangat dan tekad tersebut. Terlebih, menurutnya, tantangan dinamika global saat ini sangat tidak mudah. Mantan Gubernur DKI ini menyebutkan beberapa perkembangan situasi terkini, antar lain kondisi ekonomi global yang belum sepenuhnya pulih dari dampak pandemi Covid-19 dan rivalitas antar negara semakin tajam. “Tetapi saya yakin ASEAN mampu, asalkan ASEAN bersatu. ASEAN adalah contoh keberagaman harmoni saling melengkapi dan menguatkan. Perbedaan ada tetapi tidak menjadi halangan kita untuk mewujudkan tekad dan cita-cita ASEAN,” ujarnya menegaskan. “Sebagai kapal besar harus terus bergerak maju, kapal besar ini harus berlayar. Kapal besar ini tidak boleh karam, karena ini adalah tanggung jawab kita atas ratusan jiwa, rakyat yang berada di dalamnya,” kata Jokowi lagi.

Kepala Negara mengatakan, ASEAN harus bisa menjadi pusat perkembangan yang memberikan manfaat lebih bagi rakyat di kawasan dan dunia. “ASEAN memiliki aset kuat itu. Pertumbuhan ekonomi, bonus demografi, dan kepercayaan ASEAN dengan kesempatan ekonomi terbaik. Sehingga momentum ini harus kita manfaatkan,” kata Jokowi. “Untuk menjadikan ASEAN sebagai masa depan dunia, sebagai jangkar perdamaian, jangkar kestabilan, dan jangkar kesejahteraan dunia,” ujarnya lagi.

Sebagaimana diketahui, ASEAN berdiri pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Pada awal terbentuknya, ASEAN hanya beranggotakan lima negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand. Saat ini, total ada 11 negara yang anggota ASEAN. Kesebelas negara tersebut adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, dan Timor Leste.

Sumber: Kompas

Translate