Home ยป Indonesia Mengundang 27 Pemimpin Dunia dan Badan Internasional ke KTT ASEAN ke-43
ASEAN Asia Global News Indonesia News

Indonesia Mengundang 27 Pemimpin Dunia dan Badan Internasional ke KTT ASEAN ke-43

Indonesia, yang menjadi ketua Association of Southeast Asian Nations (ASEAN), mengumumkan pada Jumat, 11 Agustus 2023, bahwa negara tersebut telah mengundang 27 pemimpin dunia dan badan internasional ke KTT ASEAN ke-43 di Jakarta pada 5-7 September 2023.

Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN di Kementerian Luar Negeri, Sidharto Suryodipuro, namun mengatakan bahwa dia tidak berada dalam posisi untuk mengungkapkan pemimpin dunia mana yang telah mengkonfirmasi kehadiran mereka di pertemuan tersebut.

“Masih dalam proses … Kami kemungkinan akan menerima jawaban resmi dalam waktu dekat,” katanya dalam konferensi pers virtual pada Jumat, 11 Agustus 2023.

KTT ASEAN ke-43 tidak hanya akan mengumpulkan para pemimpin negara anggota ASEAN, tetapi juga mitra eksternal seperti Tiongkok, Jepang, Republik Korea, dan Amerika Serikat.

Suryodipuro mengatakan bahwa negara tersebut juga mengharapkan direktur eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia untuk bergabung dalam pertemuan tersebut.

“Perdana Menteri Kanada (Justin Trudeau) juga diharapkan hadir,” tambahnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memimpin 12 pertemuan selama forum tiga hari itu, termasuk KTT ASEAN ke-43, dan pertemuan antara ASEAN dengan mitra dialognya seperti India, Kanada, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), antara lain.

Dia juga akan memimpin KTT Asia Timur ke-18 (EAS), yang terdiri dari 18 negara, termasuk 10 negara anggota ASEAN serta Australia, Tiongkok, India, Jepang, Selandia Baru, Republik Korea, Federasi Rusia, dan Amerika Serikat.

Suryodipuro mengatakan bahwa semua dokumen akhir terkait KTT tersebut saat ini masih dalam persiapan melalui diskusi dan negosiasi intensif.

Sumber: Tempo

Translate