Home » Akselerasi Pariwisata Dan Ekraf Melalui Konsep Pemberdayaan Komunitas
Berita Ekonomi Indonesia Lampung Sumatera Tourism

Akselerasi Pariwisata Dan Ekraf Melalui Konsep Pemberdayaan Komunitas



Bandar Lampung (Lampost.co)– Pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) melalui konsep pemberdayaan masyarakat dan komunitas dinilai mampu mengakselerasi pertumbuhan sektor ini. 

Kepala Dinas Parekraf Provinsi Lampung, Bobby Irawan menuturkan, sinergi dan kualitas sumber daya manusia merupakan hal fundamental bagi pembangunan sektor parekraf. 

“Dorongan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia itu sangat penting. Karena yang paling fundamental adalah membangun hal ini, sehingga bisa maju, berdaya saing, dan berkelanjutan,” ujarnya, Kamis, 18 Mei 2023.

Bobby mengatakan saat ini disparekraf Lampung sedang mendorong keterlibatan masyarakat dalam kelompok sadar wisata (pokdarwis). 

“Hal tersebut yang selama ini kita lakukan ke pokdarwis di destinasi yang memang dikelola oleh mereka sendiri, termasuk ukm sebagai supporting system,” jelasnya. 

Keberadaan destinasi dan usaha kecil masyarakat (UKM) merupakan dua komponen yang saling memberikan timbal balik positif. 

Kawasan atau desa wisata menciptakan perputaran ekonomi wilayah. Hal ini dikuatkan dengan kajian Bank Indonesia (BI) Perwakilan Lampung terkait peran sektor pariwisata terhadap minat investor. 

“Daya tarik wisata yang tinggi akan mendorong kemajuan UKM. Ini juga dibuktikan oleh kajian BI, support sektor pariwisata Lampung ini sangat besar untuk menarik investor,” pungkasnya.

Sumber : LAMPOST

Translate