Home » 4 Peserta Calon Anggota Bawaslu Lampung Dinyatakan Gugur
Berita Indonesia Lampung Politics Sumatera

4 Peserta Calon Anggota Bawaslu Lampung Dinyatakan Gugur



Bandar Lampung (Lampost.co)–Tim Seleksi (timsel) calon Anggota Bawaslu Provinsi Lampung, telah melaksanakan test tertulis dengan metode Computer Assisted Test (CAT) dan esai. Pada tahapan ini, 4 peserta dinyatakan gugur. 

Ketua Timsel Achmad Moelyono mengatakan CAT diikuti oleh 58 peserta yang sebelumnya telah dinyatakan lolos pads ujian tahap pertama. 

“Tiga peserta tidak hadir tanpa keterangan, dan satu peserta terlambat, dan sesuai tata tertib, jika terlambat tidak diperkenankan mengikuti tes,” ujar Moelyono kepada Lampost.co usai pelaksanaan ujian CAT. Senin, 22 Mei 2023.

Moelyono mengatakan test tertulis merupakan satu rangkaian dengan test psikologi, yang akan dilaksanakan peserta pada 24 Mei 2023, di Swiss Bell Hotel.

Selanjutnya empat eserta yang tidak mengikuti proses ujian CAT dipastikan tidak bisa mengikuti test psikologi karena telah dinyatakan gugur.

“Sesuai dengan tata tertib, peserta yang mengikuti tes CAT  yang boleh mengikuti test psikologi,” kata Moelyono. 

Moelyono mengatakan seluruh penilaian tahapan ujian peserta dilakukan oleh Bawaslu RI, yang bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) yang diwakili oleh UPT BKN Bandar Lampung Lampung.

Sementara untuk proses tes psikologi, Bawaslu RI menggadeng Mabes Polri, yakni Biro SDM Polda Lampung. 

“Penilaiannya test tertulis itu, 70% CAT pilihan ganda, dan 30 % esai,” katanya.

Pada tahapan selanjutnya, dari 54 calon anggota Bawaslu yang mengikuti ujian CAT dan psikologi, hanya 16 peserta yang akan lolos ke tahap wawancara dan test kesehatan.

“Untuk tahap selanjutnya, 4x dari jumlah kebutuhan,”  ujar Moelyono.

Sumber : LAMPOST

Translate