Home » Riau dapat Bantuan Rusunawa Atlet Dayung dari Pusat
Economy Featured Global News Indonesia News

Riau dapat Bantuan Rusunawa Atlet Dayung dari Pusat

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) di Venue Dayung Kebun Nopi, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau tahun 2023 ini. 

Pembangunan rusunawa tersebut merupakan usulan Ketua Umum Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Provinsi Riau, SF Hariyanto kepada Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono saat kunjungan kerja di Riau mendampingi Presiden beberapa waktu lalu. 

Usulan pembangunan rusunawa juga dinilai penting karena Provinsi Riau akan menjadi tuan rumah kejuaraan nasional (Kejurnas) antara Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Dayung tahun 2023. 

SF Hariyanto mengatakan, jarak antara kota Kuantan dengan lokasi Venue Dayung Kebun Nopi sangat jauh sekitar 25 kilometer (Km). Sehingga menyulitkan para atlet karena di lokasi venue tidak ada hotel dan wisma untuk atlet. 

“Karena jarak tempuh antara kota Kuantan dengan Venue Dayung Kebun Nopi itu cukup jauh sekitar 25 Kg. Di sana tidak ada hotel dan wisma. Sekarang ini atlet-atlet dayung kita sewa rumah di sana,” kata SF Hariyanto, Kamis (12/1/2023).

Apalagi, lanjut Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau ini, tahun 2023 Riau akan menjadi tuan rumah Kejurnas antar PPLP Dayung, tentu keberadaan rusunawa akan sangat membantu mendukung pelaksanaan kejurnas.

“Makanya kita usulkan pembangunan rusunawa di Venue Dayung Kebun Nopi ke Pak Menteri. Alhamdulillah dibantu Pak Menteri pembangunan rusunawa untuk atlet dayung,” tukasnya. 

Untuk diketahui, Riau akan menjadi tuan rumah Kejurnas antar PPLP untuk cabang olahraga dayung dan sepak bola tahun 2023.

Penunjukan Riau sebagai tuan rumah diputuskan dalam rapat koordinasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI pada tahun 2022.

Untuk itu, pihaknya akan menyiapkannya dengan baik dan berkoordinasi dengan PB maupun Pengprov masing-masing cabang olahraga.

Kejurnas antar PPLP cabang dayung di gelar Danau Kebun Nopi Kuansing dan cabang sepak bola di Stadion Kaharudin Nasution, komplek Sport Center Rumbai Pekanbaru.

Sumber: Media Center

Translate