Home ยป Jokowi Sebut 3 Prioritas ASEAN di Forum Bisnis APEC, Ini Dia
ASEAN Berita Indonesia

Jokowi Sebut 3 Prioritas ASEAN di Forum Bisnis APEC, Ini Dia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan tiga fokus kerja sama ASEAN Caucus dalam APEC Business Advisory Council. Salah satunya adalah transisi energi di kawasan.

Hal itu diungkapkan Jokowi dalam ABAC ASEAN Caucus Day di San Francisco, Amerika Serikat, Rabu (15/11/2023) waktu setempat. Jokowi menyebut percepatan transisi energi diantaranya mengenai kesepakatan ASEAN menjadi global hub industri kendaraan listrik.

“Caucus ASEAN dapat menjadi bagian penting untuk memperkuat inisiatif ini. Di sisi lain transisi energi juga membutuhkan dukungan investasi, dukungan teknologi di mana prakarsa Indo-Pacific Impact Fund itu dapat memiliki peran yang signifikan,” kata Jokowi.

Selain itu, fokus lain yang juga penting yakni mengenai pencapaian netralitas karbon. Jokowi menyampaikan perekonomian harus tetap berkembang seiring dengan komitmen ASEAN untuk turut menjaga lingkungan.

“ASEAN juga telah menyepakati strategy for carbon netrality. Indonesia juga menargetkan net zero pada 2060 dimana pencapaian target tersebut butuh kerja sama konkret khususnya di sektor pemerintah dan bisnis yang dapat dijembatani oleh ASEAN Caucus,” lanjutnya.

Terakhir, kepala negara mendorong peran aktif ASEAN Caucus dalam mendukung komitmen ASEAN untuk mempercepat implementasi pembayaran digital batas melalui kerja sama lembaga-lembaga keuangan.

“Saya yakin caucus ASEAN dapat berperan dalam inisiatif ini,” kata Jokowi.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga menyampaikan dalam acara itu, Jokowi menyampaikan tiga bidang penting yang menjadi fokus ASEAN.

“Pertama percepatan transisi energi, kedua pencapaian netralitas karbon, ketiga pembayaran digital lintas negara,” kata Jokowi.

Dalam pertemuan itu, lanjut Retno, Jokowi juga menyampaikan kepada anggota untuk bersinergi dan berkolaborasi untuk menjaga kepentingan ASEAN di APEC.

Sumber: CNBC

Translate