Home » 6 Kota Terpanas Di Sumatera Selatan, Nomor 2 Nyaris 39 Derajat
Berita Indonesia Lingkungan Sumatera

6 Kota Terpanas Di Sumatera Selatan, Nomor 2 Nyaris 39 Derajat

Kota terpanas di Sumatera Selatan ini menarik untuk diketahui. Sumatera Selatan merupakan salah satu dari 38 provinsi di Indonesia yang letaknya di bagian paling selatan Pulau Sumatera.

Saat musim kemarau tiba, banyak daerah di Indonesia yang suhu udara semakin tinggi dan terasa panas, khususnya di daerah dataran rendah. Salah satu provinsi yang juga mengalami cuaca panas dan kekeringan adalah wilayah Sumatera Selatan.

Semakin rendah ketinggian suatu wilayah, maka dapat disimpulkan jika daerah tersebut akan terasa lebih panas. Sebab wilayah yang memiliki ketinggian rendah akan lebih banyak massa udara di atmosfer yang menyerap dan menyimpan panas matahari. Kota Terpanas di Sumatera Selatan

1. Kabupaten Musi Banyuasin

Daerah yang berada di ketinggian 15 mdpl ini memiliki suhu udara 33 hingga 36 derajat celsius pada siang hari dengan rata-rata kecepatan angin 10 km/jam. Baca Juga Waspada, Semarang Jadi Kota Terpanas 37 Derajat Celsius pada 8-9 Oktober 

2. Kota Palembang

Yap, Kota yang dijuluki sebagai Kota Pempek ini menyandang posisi pertama sebagai kota terpanas di Sumatera Selatan. Bagaimana tidak, suhu di kota ini bisa mencapai 38.8 derajat celsius. Ketinggian wilayah Palembang yang hanya 8 meter di atas permukaan laut (MDPL), menjadi faktor yang menyebabkan Palembang menjadi kota terpanas di Sumatera Selatan.

3. Kabupaten Ogan Komering Ilir

Kota terpanas di Sumatera Selatan selanjutnya adalah Kabupaten Ogan Komering Ilir. BMKG memprediksi suhu udara di Kabupaten Ogan Komering per 19 Oktober 2023 adalah 32 hingga 36 derajat celsius pada siang hari dengan kecepatan angin 10 km/jam. Baca Juga 6 Kota Terpanas di Jawa Tahun 2023, Suhu Tertinggi Capai 37,2 Derajat Celsius

4. Kabupaten Ogan Ilir

Wilayah yang berada di ketinggian 25 mdpl ini memiliki suhu udara 32 hingga 36 derajat celcius berdasarkan prediksi BMKG.

5. Kabupaten Musi Rawas

Menurut BMKG suhu udara di Kabupaten Musi Rawas adalah 32 hingga 36 derajat celsius pada siang hari. 

6. Kabupaten Pali

BMKG memprediksi wilayah dengan ketinggian 40 mdpl ini memiliki suhu udara 32 hingga 36 derajat celcius. Itulah mengenai kota terpanas di Sumatera Selatan. Jangan lupa untuk selalu gunakan sunscreen dan minum air putih agar terhindar dari dehidrasi.

Sumber: INews Sumsel

Translate