Home » Kali Ketiga Kunjungi Sumatera Barat, Anies Baswedan Diprediksi Akan ‘curi’ Suara Prabowo Subianto
Berita Politics Sumatera

Kali Ketiga Kunjungi Sumatera Barat, Anies Baswedan Diprediksi Akan ‘curi’ Suara Prabowo Subianto

Bakal calon Presiden (bacapres) Anies Baswedan, melalukan safari politik pada Rabu (1/11) dan Kamis (2/11) ke Kabupaten Padang Pariaman, Kota Bukittinggi dan Kota Padang Panjang, Sumatera Barat.

Kunjungan ini merupakan kali ketiga Anies Baswedan datang ke Sumatera Barat, yang pertama diketahui Desember 2022, dan yang kedua pada Agustus 2023.

Asrinaldi selaku Pengamat Politik dari Universitas Andalas (Unand), menilai kegiatan yang dilakukan oleh Anies Baswedan dapat merebut suara Prabowo Subianto di Sumatera Barat (Sumbar).

Sebelumnya pada Pilpres 2014 dan 2019, Sumbar merupakan salah daerah yang memberikan banyak suara untuk Prabowo, kini dengan kedatangan Anies diprediksi merebut suara itu.

“Kedatangan Anies tentu membawa dampak pada keyakinan masyarakat Sumbar kepada dirinya yang maju sebagai calon presiden,” ujar Asrinaldi, dikutip dari Republika.co.id, Jumat (3/11/2023).

Walaupun begitu, Asrinaldi mengatakan bahwa potensi kemenangan Anies di Sumbar tentunya tidak sebesar ketika total capres hanya dua pasangan.

“Apalagi (Pilpres 2024) dengan tiga pasang capres/cawapres tentu suara akan terbagi,” ucapnya.

Terlebih dengan kehadiran Mahfud MD sebagai pendamping Ganjar Pranowo dapat menarik simpati masyarakat Sumbar.

“Dengan sosoknya (Mahfud MD) yang nasionalis dan negarawan tentu mendapat simpati masyarakat Sumbar dan akan menambah suara ke pasangan GanjarMahfud,” tutur Asrinaldi.

Anies sendiri mengatakan bahwa dirinya tidak gentar ketika disuguhi fakta bahwa Prabowo Subianto selalu menang telak di Sumbar pada Pilpres 2014 dan 2019.

Lebih lanjut, Anies menyampaikan bahwa pada akhirnya pilihan ada di tangan rakyat, dan ia menegaskan bahwa dirinya bersama Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, membawa konsep perubahan.

“Kami tawarkan kepada masyarakat Sumbar mau melanjutkan yang sekarang ada atau mau perubahan? Mau keberlanjutan atau perubahan?,” ucap Anies di Makam Syekh Burhanuddin di Ulakan Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar, Rabu (1/11/2023).

Perubahan yang dibawa oleh Anies-Muhaimin bertujuan untuk membuat kehidupan semua keluarga yang sejahtera, dengan cara membuka banyak lapangan pekerjaan, biaya pendidikan murah dan harga-harga kebutuhan rumah tangga yang terjangkau.

Sumber: Ayo Jakarta.com

Translate