Home » Deretan Mega Proyek Jalan Tol Trans Sumatera, Genjotan PT Hutama Karya Yang Rampung 2024, Cek Sekarang!
Berita Indonesia Sumatera

Deretan Mega Proyek Jalan Tol Trans Sumatera, Genjotan PT Hutama Karya Yang Rampung 2024, Cek Sekarang!

HARIANHALUAN.COM – Sumatera merupakan pulau keenam terbesar di dunia yang berada di Indonesia dengan luas 473.481km2. Penduduk pulau ini di sekitar 57.940.351, Pulau tersebut dikenal  juga dengan nama lainnya adalah Pulau Percha, Suwarnadwipa atau Andalas. Pulau Sumatera berada di bagian barat barisan kepulauan Nusantara. Di sebelah utara berbatasan dengan Teluk Benggala di timur dengan Selat Malaka dan di sebelah selatan dengan Selat Sunda.

Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) adalah salah satu bagian dari proyek strategis nasional atau pembangunan infrastruktur untuk dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Pemerataan disertai kesejahteraan masyarakat dan pembangunan di wilayah berbagai pembangunan dilaksanakan adalah bagian dari usaha pemerintah. Sehingga, pembangunan infrastruktur bisa merata diseluruh wilayah Indonesia sebagai informasi sebenarnya Presiden Jokowi meminta supaya dapat 14 ruas di jalan tol tahap 1 yang ada di pulau Sumatera bisa beroperasi penuh pada tahun 2024.

Hal ini termasuk dalam peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 131 pada tahun 2022 tentang perubahan kedua peraturan kedua Presiden nomor 100 tahun 2014 tentang jalan tol di Sumatera kepada PT Hutama Karya. Melakukan pengusahaan dalam ruas jalan tol tahap 1 yang meliputi: kegiatan pendanaan perencanaan teknis pelaksanaan konstruksi pengoperasian dan pemeliharaan ke-14 ruas jalan tol Trans Sumatera yang ditargetkan akan rampung sepenuhnya pada tahun 2024 mendatang.

Beberapa diantaranya telah beroperasi yang pertama adalah ruas Jalan Tol Medan Binjai kemudian ruas jalan tol Palembang Simpang Indralaya ke ruas jalan tol Pekanbaru Dumai, Untuk ruas jalan tol Bakauheni Terbanggi Besar dan ruas jalan tol Terbanggi Besar Pematang panggang  lanjut ruas jalan tol Pematang panggang Kayu Agung, ruas jalan tol kisaran Indrapura. Kemudian, ada ruas jalan tol Kuala Tanjung-Indrapura, Tebing Tinggi Pematang Siantar yang merupakan bagian dari ruas jalan tol Kuala Tanjung Indrapura Tebing Tinggi Parapat.

Lalu, jalan tol Binjai Pangkalan Brandan ialah bagian dari ruas jalan tol Binjai Langsa. Selain itu, ada ruas jalan tol Sigli Banda Aceh ruas jalan tol Simpang Indralaya Prabumulih, ruas jalan tol tabah penanjung Bengkulu, ruas jalan tol sicincin Padang. Dan, ruas jalan tol Pekanbaru Bangkinang Koto Kampar dari awal menjabat sebagai kepala negara presiden Joko Widodo gencar melakukan pembangunan infrastruktur di tanah air. Bahkan saat ini pemerintahannya telah berhasil membangun ribuan kilometer jalan tol.

Sumber: HARIAN HALUAN

Translate