Home » Kota Identik Dengan Ramai Tapi 3 Kota Di Sumatera Barat Ini Justru Jadi Yang Paling Sepi, Kok Bisa?
Berita Indonesia Sumatera

Kota Identik Dengan Ramai Tapi 3 Kota Di Sumatera Barat Ini Justru Jadi Yang Paling Sepi, Kok Bisa?

MalangNetwork.com – Kota biasanya identik dengan keramaian, tapi berbeda-beda dengan beberapa kota di Sumatera Barat ini. Tercatat beberapa kota di Sumatera Barat bisa dibilang sepi dibanding daerah lainnya berdasarkan jumlah penduduk. Sumatera Barat secara keseluruhan memiliki populasi penduduk sebanyak 5.640.629 jiwa pada tahun 2022.

Dari jumlah tersebut, Kabupaten Agam menjadi daerah terpadat dengan populasi penduduk 540.905 jiwa. Data tersebut tercatat di BPS Sumatera Barat yang dilansir MalangNetwork.com, Kamis 14 September 2022. Yang menarik perhatian adalah adanya 3 kota yang justru memiliki penduduk paling sedikit atau paling sepi. Selengkapnya, berikut 3 kota tersepi di Sumatera Barat berdasarkan data BPS Sumbar.

3. Kota Solok

Peringkat ketiga sebagai kota tersepi di Sumatera Barat adalah Kota Solok. Walaupun dijadikan sebagai salah satu wilayah kota di Sumatera Barat, Solok ternyata tidak seramai kota pada umumnya. Pada tahun 2022, populasi penduduk di Solok hanya mencapai 75.850 jiwa.

2. Kota Sawahlunto

Kota kedua tersepi di Sumatera Barat adalah Kota Sawahlunto yang populasinya lebih sedikit dari Solok. Kota Sawahlunto juga tidak termasuk kota pada umumnya yang padat penduduk. Tercatat hanya sekitar 66.413 jiwa penduduk Sawahlunto pada tahun 2022 yang tercatat di BPS Sumatera Barat.

1. Kota Padang Panjang

Ini dia kota paling sepi di Sumatera Barat yaitu Kota Padang Panjang. Tercatat di BPS Sumatera Barat, Pasang Panjang hanya memiliki jumlah penduduk sebanyak 57.850 jiwa pada tahun 2022. Tidak seperti kota pada umumnya, Padang Pariaman juga tidak ramai dengan penduduk yang tidak padat. Itulah 3 kota paling sepi di Sumatera Barat yang tercatat di BPS Sumbar pada tahun 2022.

Sumber: MALANG NETWORK

Translate