Home » 5 Wisata Alam Hidden Gems Di Sumatera Barat 2023, Ada Grand Canyon Ala Bukit Tinggi Yang Bikin Takjub
Berita Indonesia Sumatera

5 Wisata Alam Hidden Gems Di Sumatera Barat 2023, Ada Grand Canyon Ala Bukit Tinggi Yang Bikin Takjub

Mengerti.id – Objek wisata di Sumatera Barat atau Sumbar sudah sangat dikenal sangat luas, terutama keindahan alamnya yang masih asli. Salah satu objek wisata yang terkenal di Sumatera Barat adalah budaya dan sejarahnya. Tak heran apabila banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang datang ke Sumatera Barat ini. Bahkan objek wisata di Ranah Minang ini memiliki ciri khas dan daya tariknya sendiri.

Seperti bangunan bersejarah, pantai, bahkan ada yang mirip Grand Canyon yang di Amerika Serikat. Penasaran wisata alam hidden gems mana saja di Sumbar yang wajib dikunjungi di penghujung tahun 2023 ini? Nah, berikut 5 wisata alam hidden gems di Sumbar yang wajib dikunjungi di tahun 2023.

1. Ngarai Sianok

Ngarai Sianok merupakan lembah yang curam tetapi sangat indah. Kontur kepurbaannya membuat orang takjub sekaligus berdecak kagum. Sebagian orang bahkan menamai Ngarai Sianok sebagai Grand Canyon ala Bukit Tinggi. Karena lokasi aslinya adalah sebuah jurang yang curam, dan lembah ini memanjang serta berkelok sebagai garis batas kota dari Selatan Ngarai Kota Gadang sampai ke nagari Sianok, Anam Suku dan berakhir di Kecamatan Palupuh.

Jurang yang sempit ini dikelilingi bukit-bukit bertebing curam dan dihiasi aliran sungai kecil di tengahnya. Selain itu lokasi alami dan purba Ngarai Sianok di Bukit Tinggi menjadi destinasi wisata yang hits di Sumbar. Ngarai Sianok terletak di perbatasan Kota Bukit Tinggi di Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

2. Lembah Harau

Lembah Harau mungkin belum terkenal seperti tempat wisata di Sumbar lainnya. Namun keindahannya saat ini menjadi destinasi hits dan sangat diminati banyak orang. Karena menyajikan panorama alam yang sangat menyejukkan mata, yaitu berupa pemandangan hijau mulai dari hamparan sawah, hingga tebing-tebing batu granit. Bahkan juga terdapat beberapa air terjun sehingga membuat wilayah Lembah Harau menjadi salah satu tempat wisata di Sumatera Barat yang santai dan cocok dikunjungi beserta keluarga besar.

3. Pulau Mentawai

Nah, bagi yang menyukai pantai serta keindahan bawah laut dengan snorkeling Pulau Mentawai adalah tempat yang wajib dikunjungi. Terdiri dari beberapa pulau yang memiliki pantai serta keindahan laut yang masih jarang dijamah, Pulau Mentawai merupakan salah satu destinasi wisata favorit turis lokal dan manca negara. Meski belum terkenal oleh wisatawan domestik, tetapi Pulau Mentawai cukup terkenal di kalangan wisatawan manca negara. Hal ini karena Pulau Mentawai terdapat spot surfing yang sudah berskala internasional.

4. Lembah Anai

Salah satu tempat wisata alam yang sering muncul di televisi yakni Lembah Anai. Karena lokasinya berada di pinggir jalan, sehingga bisa menikmati keindahan air terjun Lembah Anai di dalam mobil, ataupun juga bisa turun untuk menikmati dinginnya air dari air terjun ini.

5. Danau Singkarak

Ada beberapa danau di Sumatera Barat, salah satunya adalah Danau Singkarak yang merupakan wisata alam yang cukup ramai dikunjungi. Danau Singkarak merupakan salah satu danau terbesar di Sumbar. Bahkan no 2 setelah Danau Toba. Selain itu setiap tahunnya menyelenggarakan festival internasional Tour de Singkarak yang diikuti oleh banyak pesepeda baik dari dalam maupun luar negeri.

Sumber: MENGERTI

Translate