Home » Pulau Sumatera Siap Bangun 5 Kawasan Metropolitan Baru, Ternyata Sumatera Barat Gak Diajak!
ASEAN Berita Indonesia Sumatera

Pulau Sumatera Siap Bangun 5 Kawasan Metropolitan Baru, Ternyata Sumatera Barat Gak Diajak!

HARIANHALUAN.COM – Sejumlah kota-kota besar di Pulau Sumatera direncanakan hendak membuat sebuah kawasan metropolitan baru di daerahnya masing-masing. Beberapa kota di Pulau Sumatera yang memiliki ekonomi kuat dan penduduk yang banyak dikabarkan berniat membuat kawasan metropolitan baru.

Dilansir dari kanal YouTube Sumatera Pedia, beberapa kota yang dianggap sebagai metropolitan di Pulau Sumatera telah mempersiapkan diri untuk kawasan metropolitan tersebut. Sayangnya, Provinsi Sumatera Barat tidak termasuk dalam deretan kota metropolitan di Pulau Sumatera yang juga tengah sibuk bersiap. Berikut 5 kota yang hendak membuat kawasan metropolitan baru di Pulau Sumatera

  1. Riau

Ibu Kota Provinsi Riau ini menjadi salah satu kota di Pulau Sumatera yang tertarik dalam membuat suatu kawasan metropolitan baru. Sektor penggerak ekonomi utama Provinsi Riau adalah perdagangan. Beberapa daerah di Riau pun saat ini tengah dipersiapkan menjadi sebuah kawasan metropolitan baru. Kawasan metropolitan yang direncanakan di Provinsi Riau akan memiliki nama Pekansikawan yang merupakan singkatan dari nama berbagai kota di Riau. Kota-kota tersebut adalah Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan.

  1. Bandar Lampung

Bandar Lampung merupakan Ibu Kota Provinsi Lampung sekaligus sebagai pintu gerbang Pulau Sumatera dari Pulau Jawa. Letaknya yang strategis membuat Bandar Lampung memiliki banyak keuntungan. Sektor penggerak ekonomi di Lampung adalah perdagangan, keuangan dan jasa.

Kedepannya, kota Bandar Lampung akan membentuk suatu kawasan metropolitan baru yang terdiri dari berbagai kota di provinsi ini. Kawasan tersebut akan diberi nama Bandar Lampung Raya yang terdiri dari Kota Bandar Lampung, Metro, Kalianda, Pringsewu dan Gedong Tataan.

  1. Batam

Kota ini bukanlah Ibu Kota Provinsi merupakan hanya kota biasa akan tetapi memiliki sedikit keistimewaan. Keistimewaan tersebut ialah selain dikepalai oleh seorang Wali Kota, Batam juga dikelola oleh Badan Pengusahaan Batam atau BP Batam yang sebelumnya memiliki nama Otorita Batam.

Ekonomi Kota Batam ditopang oleh sektor industri dan pariwisata yang juga tumbuh subur di daerah yang berlokasi di Provinsi Kepulauan Riau ini. Rencananya, kota Batam juga akan tergabung dalam sebuah kawasan metropolitan baru yang akan terdiri beberapa daerah sekitar, diantaranya Bintan, Galang, Rempang dan Karimun.

  1. Palembang

Kota Palembang merupakan salah satu kota tertua di Indonesia. Sebagai sebuah kota, Pelambang dianggap sangat matang menjadi kota besar. Sektor yang menjadi penggerak perekonomian di Palembang adalah industri pengolahan dan konstruksi. Kedepannya, Kota Palembang juga akan membentuk suatu kawasan metropolitan baru dengan nama Patung Raya Agung yang merupakan gabungan dari berbagai kota. Kota-kota tersebut meliputi Palembang, Banyuasin, Ogan Ilir dan Ogan Komering Ilir.

  1. Medan

Medan tidak hanya terdepan di Pulau Sumatera melainkan menjadi salah satu kota terbesar di Indonesia. Sektor ekonomi yang menjadi tulang punggung Kota Medan adalah konstruksi dan industri pengolahan. Kota Medan juga saat ini tengah dikembangkan sebagai kawasan metropolitan baru bersama beberapa kota dan kabupaten di sekitarnya dengan nama Mebidangro. Kota-kota tersebut diantaranya adalah Medan, Binjai, Deli Serdang dan Karo.

Sumber: HARIAN HALUAN

Translate