Home ยป Program Magang Pegawai Sipil Timor-Leste di Indonesia Mendorong Keanggotaan Penuh dalam ASEAN
ASEAN Asia Berita News

Program Magang Pegawai Sipil Timor-Leste di Indonesia Mendorong Keanggotaan Penuh dalam ASEAN

Jakarta, Indonesia – Indonesia mengadakan program magang bagi 30 Pegawai Sipil Timor-Leste (ASN) untuk mendukung keanggotaan penuh Timor-Leste dalam ASEAN dan meningkatkan pemahaman Pegawai Sipil Timor-Leste tentang mekanisme dan prosedur kerja ASEAN. Mereka telah menjalani program magang di lebih dari 20 kementerian dan lembaga Indonesia dari Juni hingga September.

Resepsi untuk merayakan keberhasilan program magang ini diadakan pada hari Kamis (10/8) di Kementerian Luar Negeri Indonesia. Resepsi tersebut dihadiri oleh Lembaga Dana Kerjasama Pembangunan Internasional (LDKPI) dari Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga Nasional terkait, Sekretariat ASEAN, Kedutaan Besar Timor-Leste dan Inggris di Jakarta, serta Kementerian Luar Negeri Indonesia.

“Program ini memberikan peluang yang baik dan unik bagi Pegawai Sipil Timor-Leste untuk mengamati dan terlibat dalam konferensi ASEAN secara langsung, diharapkan para peserta dapat mengimplementasikan pengalaman yang mereka peroleh untuk membantu mendapatkan keanggotaan penuh dalam ASEAN,” kata Sidharto R. Suryodipuro, Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN.

Menurut Direktur Utama LDKPI, “Program ini juga memiliki peran penting, tidak hanya dalam meningkatkan kapasitas tetapi juga dalam memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Timor-Leste serta kesatuan ASEAN.”

Salah satu peserta, Lidia Aquelina Imaculada, mengapresiasi program magang ini. Sebelumnya, peserta magang telah mengikuti program orientasi dan penyesuaian di Kementerian Luar Negeri. Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Sekretariat ASEAN, dan lembaga dan entitas terkait ASEAN lainnya. Para peserta magang juga mengikuti pelatihan bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan Besar Inggris di Jakarta.

Selama periode Juni – September, Indonesia membawa 30 Pegawai Sipil Timor-Leste ke Jakarta untuk bergabung dalam program magang di lebih dari 20 kementerian dan lembaga Indonesia. Saat ini, para peserta magang telah secara langsung terlibat dalam 15 pertemuan ASEAN yang diadakan oleh Indonesia, baik tingkat kerja maupun menteri.

Pada KTT ASEAN ke-40 dan ke-41, November 2022, para Pemimpin ASEAN menerima secara prinsip Timor-Leste sebagai anggota ASEAN ke-11. KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Mei 2023, juga mengadopsi Rencana Jalan Menuju Keanggotaan Penuh Timor-Leste dalam ASEAN. Program magang ini diharapkan dapat membantu upaya Timor-Leste menuju keanggotaan penuh dalam ASEAN, termasuk dalam memenuhi berbagai kriteria dan tonggak yang ditetapkan dalam Rencana Jalan.

Sumber: Indonesia Way

Translate