Home » Dikira Manusia, Makhluk Misterius Sumatra Bikin Penasaran
Indonesia News Sumatera

Dikira Manusia, Makhluk Misterius Sumatra Bikin Penasaran


Jakarta, CNBC Indonesia – Makhluk misterius mirip manusia disebut berada di Sumatra. Makhluk yang disebut Orang Pendek itu ternyata bikin penasaran seorang peneliti.

Orang Pendek merupakan kera berkaki dua. Temuan makhluk itu, disebut “The Field Guide to Bigfoot and Other Mystery Primamates” (Anomalist Books, 2006), bisa jadi temuan terbaik seluruh primata misterius.

Loren Coleman, rekan penulis, mengaku sangat berambisi mencari Orang Pendek. Yakni apabila dirinya punya banyak uang, meskipun dia juga mengaku akan sulit menemukan mahkluk tersebut.

Fotografer Jeremy Holden juga terus mencari keberadaan Orang Pendek. Bahkan dia mengaku pernah bertemu langsung dengan makhluk tersebut pada Oktober 1994 di Taman Nasional Kerinci Seblat.

Kera setinggi 1,5 meter disebut hanya berjarak 7 meter dari Holden. Badan kawanan itu kekar dengan rambut berwarna kekuningan, mirip seperti siamang.

“Mereka berjalan dengan dua kaki. Kepalanya membelakangi saya seolah-olah sedang mendengarkan mungkin pemandu saya di belakang.” jelasnya.

Holden mengatakan tak mengambil foto kera tersebut meski membawa kamera. Dia takut jika makhluk tersebut melihatnya dan mendengar suara kameranya.

Setahun setelah perjumpaan itu, Holden melakukan penelitian selama tiga tahun mencari bukti Orang Pendek yang didanai badan amal konservasi Inggris bernama Fauna & Flora International (FFI). Setelah itu dia juga terus melakukan pencarian.

Namun ada juga yang meyakini Orang Pendek adalah Orang Utan. seorang profesor biologi primata di Liverpool John Moores University Inggris, Serge Wich mengatakan cerita Orang Pendek terdengar di lokasi yang sama dengan Orang Utan hidup.

Menurutnya kisah Orang Pendek berasal dari Orang Utan yang hidup di wilayah selatan lalu terbatas hanya ada di bagian utara saja. “Tampaknya di mana orangutan hidup, hampir tidak ada cerita tentang mereka [Orang Pendek],” kata Wich.

Sumber : CNBC

Translate