Home » Perbaikan Infrastruktur Daerah 3T Dilakukan Demi Pemerataan Ekonomi Lampung
Berita Ekonomi Indonesia Lampung Sumatera

Perbaikan Infrastruktur Daerah 3T Dilakukan Demi Pemerataan Ekonomi Lampung



Bandar Lampung (Lampost.co)–Pemerintah Provinsi Lampung terus menguatkan aksesibilitas daerah tertinggal, terdepan, terluar, dan perbatasan untuk pemerataan ekonomi. Penguatan itu dilakukan melaui program tol laut dan bandara perintis.

“Saat ini kondisi kemantapan jalan Provinsi Lampung sebesar 75% dan pemerintah terus melakukan pembangunan termasuk dalam bidang infrastruktur,” ujar Fahrizal Darminto. Selasa, 16 Mei 2023.

Pemerintah Provinsi Lampung terus menguatkan aksesibilitas daerah tertinggal, terdepan, terluar, dan perbatasan untuk pemerataan ekonomi. Penguatan itu dilakukan melaui program tol laut dan bandara perintis.

Saat ini Pemprov Lampung memiliki tantangan terkait infrastruktur di sejumlah daerah. Beberapa rusa jalan  daerah Kabupaten seperti Waykanan, Tulangbawang Barat, dan Lampung Utara tingkat kemantapannya tidak sampai 50%. 

Tantangan itu semakin besar karena anggaran yang dimiliki Lampung untuk perbaikan insfrastruktur sangat terbatas. Oleh karena itu pemerintah pusat mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) 3/2023 tentang percepatan peningkatan konektivitas jalan daerah.

Salah satu dalam Inpres itu menyebutkan bahwa APBN bisa digunakan untuk pembangunan jalan daerah yang terhubung dan terintegrasi dengan kawasan/sentra ekonomi.

“Jadi pusat sudah melihat, tidak imbang antara kewenangan daerah untuk meningkatkan PAD-nya dengan beban tugas harus menangani infrastruktur, sehingga ketika Presiden melihat ke lapangan, (penanganan infrastruktur) diambil alih,” kata dia.

Sumber : LAMPOST

Translate