Home » Jokowi Paling Rajin Bangun Jalan di Sumatera, Ini Datanya!
Berita Indonesia Pemerintah Sumatera

Jokowi Paling Rajin Bangun Jalan di Sumatera, Ini Datanya!



Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggulirkan anggaran pembangunan jalan daerah dan jalan nasional, baik tol dan non-tol, sebesar Rp 71,5 triliun untuk pulau Sumatera sepanjang 2023.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa anggaran pembangunan dan preservasi jalan ini merupakan terbesar di antara daerah lain.

“Jadi kalau kita lihat per pulau Sumatera adalah yang terbesar dapat alokasi anggaran untuk jalan, baik jalan daerah, nasional maupun tol,” kata Sri Mulyani, dalam Konferensi Pers APBN KITA edisi Mei 2023, Selasa (22/3/2023).

Adapun dari total anggaran tersebut, jalan baru yang dibangun sepanjang 119 km senilai Rp 1 triliun, preservasi jalan 14.773 km Rp 700 miliar dan pembangunan jembatan 6.447 m sebesar Rp 900 miliar dan preservasi jembatan 141.469 m senilai Rp 800 miliar.

Sri Mulyani mengungkapkan Sumatera juga yang terbesar adalah pembangunan jalan tol Trans-Sumatera tahap kedua yang mencapai tambahan anggaran Rp28,9 triliun.

“Selain untuk pengadaan tanah bagi jalan raya dan untuk jalan daerah Rp 20,3 triliun,” kata Sri Mulyani.

Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan keterangan pers mengenai APBN KiTa Mei 2023. (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu RI)
Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan keterangan pers mengenai APBN KiTa Mei 2023. (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu RI)

Dia mengakui pembangunan dan perbaikan jalan tengah menjadi perhatian Presiden Joko Widodo. Sebelumnya, Presiden diketahui melakukan kunjungan lapangan di Lampung, setelah mendapatkan informasi bahwa jalan provinsi di daerah tersebut mengalami kerusakan parah.

Kerusakan jalan di daerah Lampung dan Jambi telah menjadi sorotan publik. Alhasil, Presiden kini membuka pengaduan di media sosial, khusus bagi wilayah yang mengalami kerusakan jalan.

Sumber : CNBCIndonesia

Translate