Home » KTT ASEAN, Kemenkes Siapkan Dua Prioritas Penanganan Kesehatan di Labuan Bajo
ASEAN Berita Indonesia Kesehatan

KTT ASEAN, Kemenkes Siapkan Dua Prioritas Penanganan Kesehatan di Labuan Bajo



Jakarta, InfoPublik – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) lakukan dua persiapan prioritas dalam perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke 42 di Labuan Bajo, yakni protokol kesehatan (Prokes) dan fasilitas kesehatan.

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante S. Harbuono menjelaskan pihaknya memberikan kemudahan kepada VIP Head of Delegation dan para delegasi dalam menjalani prokes COVID-19.

“Antara lain mulai dari pemberian vaksinasi lengkap, melakukan registrasi aplikasi Satu Sehat, verifikasi sertifikat vaksin, scan Satu Sehat hingga pengukuran suhu tubuh saat masuk pintu bandara,” kata Wamenkes Dante saat Dialog Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang mengangkat tema ‘Kesiapan KTT ASEAN 2023’, Jumat (5/5/2023).

Selain itu, Kemenkes juga mewajibkan para peserta untuk melakukan test antigen yang berlaku 1×24 dan PCR 3×24. Anjuran memakai masker selama berada di ruangan.

Hal ini juga berlaku untuk seluruh peserta yang hadir selama KTT ASEAN berlangsung. Bahkan sebelum pulang kata Wamenkes Dante, Kemenkes juga menyediakan fasilitas RT-PCR sesuai kebutuhan negara tujuan para delegasi.

Kapasitas pemeriksaan COVID-19 yang tersedia mencapai lebih dari 1.200 spesimen dengan rincian Lab RSUD Komodo menjadi 765 tes per hari dan RS Siloam mencapai 440 tes per hari.

Lebih lanjut, Wamenkes Dante menjelaskan pihaknya sudah mempersiapkan prosedur pemeriksaan dan penanganan COVID-19. Untuk pemeriksaan COVID-19 diberlakukan baik kepada para delegasi maupun karyawan hotel.

Untuk delegasi dan tamu, diberlakukan test antigen 1×24 jam atau PCR 3×24 jam di lokasi penginapan seperti Hotel Meruorah, Ayana, Sudamala, Plataran Komodo dan Loccal Collecton.

Pemeriksaan untuk para delegasi dan tamu diberlakukan mulai 7 Mei 2023. Sementara untuk karyawan hotel dan convention center, tes antigen dilakukan 1×24 jam para 6 Mei 2023.

“Mereka selanjutnya diisolasi untuk tidak pulang ke tempat tinggal masing-masing. Hal ini untuk menjamin pelayanan yang diberikan berada pada protokol yang aman,” kata Wamenkes Dante.

Fasilitas Kesehatan

Selain prokes, Wamenkes Dante menambahkan pihaknya juga melakukan persiapan fasilitas kesehatan, dengan menyediakan dua Mini ICU di lokasi utama digelarnya KTT ASEAN 2023, lima klinik, dan sembilan Tim Mobile.

Sedangkan di lokasi utama KTT ASEAN, kata Wamenkes Dante yaitu satu Mini ICU di Hotel Meruorah dan satu lagi di Hotel Ayana. Sementara lima klinik akan disediakan di lima hotel yakni di Meruorah, Ayana, Sudamala, Palataran dan Laprima

“Semua ini tujuannya untuk memberikan pelayanan medis bagi para tamu baik keluhan yang berhubungan dengan COVID-19 maupun keluhan yang berhubungan dengan penyakit-penyakit lainnya,” kata Wamenkes Dante.

Sumber : InfoPublik

Translate