Home » 8 Kota Tersepi Di Indonesia, Salah Satunya Di Provinsi Sumatera Selatan
Berita Indonesia Sumatera

8 Kota Tersepi Di Indonesia, Salah Satunya Di Provinsi Sumatera Selatan

LINGGAUPOS.CO.ID – Walupun Indonesia merupakan negara dengan populasi penduduk paling banyak nomor 4 di dunia tetapi terdapat banyak kota yang sepi loh, yuk simak 8 kota tersepi di Indonesia. Indonesia menjadi salah satu negara dengan populasi penduduk terbanyak ke-4 di dunia. Namun, pemerataan penduduk masih menjadi masalah hingga terdapat beberapa kota yang dapat dikategorikan sebagai kota tersepi di Indonesia.

Indonesia adalah negara yang mempunyai populasi penduduk paling banyak dan menempati urutan keempat dunia. Akan tetapi, penyebaran penduduk masih tidak merata sebab masih ada kota tersepi di Indonesia dengan penduduknya yang sedikit. Negara kepulauan ini memiliki ribuan pulau dan wilayah yang sangat luas.

Meski begitu, tak dapat dipungkiri bahwa di Indonesia memiliki penduduk sangat sedikit padahal wilayahnya luas. Kota-kota ini sering dianggap sebagai kota paling sepi di Indonesia, karena minimnya aktivitas dan keramaian. Lalu kota mana saja yang termasuk kota tersepi? Dikutip dari laman dream.com berikut beberapa kota paling sepi di Indonesia yang dihitung berdasarkan tingkat kepadatan penduduknya.

1. Subulussalam 

Merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Aceh. Kota ini hanya memiliki penduduk sekitar 67 jiwa per km persegi saja. Meskipun memiliki potensi wisata yang menarik seperti Pantai Suka Makmue dan Danau Laut Tawar, namun kota ini masih cukup sepi dan belum banyak diketahui oleh wisatawan.

2. Kepulauan Tidore

Di tempat kedua sebagai kota tersepi di Indonesia adalah di Kepulauan Tidore, Maluku Utara, salah satu provinsi hasil pemekaran. Kota yang sempat dikenal sebagai pusat penghasil rempah-rempah ini memiliki kepadatan penduduk sebesar 71 jiwa/km.

3. Palangkaraya

Kota ini hanya dihuni oleh 266.020 jiwa,bandingkan kalau jumlah penduduk Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, itu mencapai 105 ribu orang.

4. Dumai

Kota yang dikenal paling sepi penduduk di Indonesia selanjutnya adalah Dumai, salah satu kota penghasil minyak di Riau. Salah satu kota terkaya di Indonesia ini hanya dihuni oleh 174 jiwa/km, padahal Dumai memiliki luas wilayah 1.772 km2.

5. Pagaralam

Kota yang berlokasi di Sumatera Selatan ini memiliki luas wilayah seluas 633 km2 dengan jumlah pendudukan sebanyak 189.761 jiwa. Bila dihitung, kepadatan penduduk di daerah tersebut hanya 211 jiwa/km, hal inilah yang mendasari Pagar Alam termasuk sebagai kota paling sepi penduduk di Indonesia.

6. Sabang

Berlokasi di Provinsi Aceh, Sabang memiliki luas wilayah 153 km2, sementara hanya 40.040 jiwa yang tercatat menghuni kota ujung di Indonesia tersebut.

7. Gunungsitoli 

Kota ini berada di Pulau Nias, pulau kecil di sebelah timur Sumatera. Luas wilayah mencapai 469 km2 dan dihuni oleh 136.017 penduduk.

8. Jayapura 

Kota yang berada di Provinsi Papua ini memiliki luas wilayah 940 km2 luas wilayah tersebut ditempati oleh 303.760 jiwa.

Sumber: LINGGAUPOS

Translate