Home ยป Ditemani Menteri PUPR-Menlu, Jokowi Tinjau Renovasi JCC Jelang KTT ASEAN
ASEAN Berita Indonesia

Ditemani Menteri PUPR-Menlu, Jokowi Tinjau Renovasi JCC Jelang KTT ASEAN

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Jakarta Convention Center (JCC). Jokowi meninjau kegiatan renovasi JCC yang akan dijadikan sebagai lokasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-43 ASEAN pada September mendatang.
Pantauan detikcom di lokasi, Senin (14/8/2023), Jokowi tiba di lokasi pada pukul 16.47 WIB. Jokowi mengenakan kemeja berwarna putih langsung memasuki bagian dalam JCC.

Jokowi tampak didampingi oleh sejumlah pejabat, antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, serta Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Eks Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Whisnutama, Kapolda Metro Jaya Karyoto, serta Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan juga hadir di lokasi.

Jokowi dan rombongan terlebih dahulu memakai helm proyek di lobi utama JCC. Setelahnya, rombongan mulai bergerak ke sejumlah titik peninjauan.

Kunjungan diagendakan tertutup. Namun, dari luar gedung, tampak pekerjaan renovasi terus bergulir. Truk mengangkut material bangunan melintasi area proyek.

Para pekerja proyek memakai APD lengkap melanjutkan pembangunan. Selain itu, jalan di area JCC ataupun jalan sekitar Kompleks Gelora Bung Karno mulai diaspal.

Seperti diketahui, renovasi JCC dilakukan menjelang KTT ke-43 ASEAN. Proyek ini memakan biaya hingga Rp 115,88 miliar dan ditargetkan rampung pada 25 Agustus 2023.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Basuki dalam kunjungannya untuk meninjau progres renovasi tersebut bersama Menteri Retno pada Jumat pekan lalu.

Basuki mengatakan Kementerian PUPR siap memberikan dukungan penuh dalam penyelenggaraan KTT ke-43 ASEAN melalui penyediaan infrastruktur. Adapun perhelatan ini akan digelar di Tanah Air pada 5-7 September 2023.

Pekerjaan rehabilitasi JCC terbagi ke dalam 4 Zona, antara lain Zona 1 (Lower Ground) dengan progress mencapai 62 persen. Zona ini meliputi pekerjaan arsitektur Kasuari Lounge, Merak Room, Nuri Room, Maleo Room, Kenari Room, Kakatua Room, Lower Lobby Pre Function, Summit Room, Summit Lounge, walkway (ke Hotel Sultan), mushola dan toilet.

Lalu Zona 2 (Ground Floor) dengan progres 58 persen. Zona ini terdiri atas pekerjaan arsitektur Assembly Hall, Main Lobby, Cendrawasih Hall dan Koridor, Prefunction Hall A, serta VIP Room dan toilet (Cendrawasih) dengan progres 65 persen. Zona 3 (Ground) terdiri atas penanganan plenary hall dan koridor serta president area.

Terakhir, Zona 4 (Ground) berupa pemasangan kanopi, penataan drop off, taman depan, taman samping, toilet, dan musala outdoor dengan progres 76,5 persen.

Sumber: Detik News

Translate